Balada ULUM

Setelah gue bangun pagi(kesiangan tapi buat shalat subuh) dan akhirnya kaga tidur lagi. Buka buku agama dan baca dikitdikit yang akhirnya tetep aja ketiduran lagi. Karena semalem gue sukses nonton Harry Potter ke3 ampe akhir. Juga setelah nyokap ngebangunin gue dengan teriakan mautnya, terus dilanjutin dengan lurusnya gue malah ngemil dan akhirnya tetep kena marah nyokap gue. Sampe lah gue diwaktu sekarang jam 11.56 ditemenin sama adzan dzuhur plus bentar lagi komat yang artinya, harusnya gue udah ke kamarmandi dan ngambil wudhu dan shalat. Tapi akhirnya gue malah nampangin laptop dan nulis postingan ini.

Sebenernya, kalo gue anak rajin yang patuh pada aturan dan tementemennya. Sekarang tuh gue udah ngejauhin yang namanya laptop, hp, tv, dan segudang alat elektronik lainnya yang bisa bikin ngapus memori pelajaran diotak gue. Tapi emang dasarnya gue bukan anak yang rajin tapi pinter(ok boleh kan narsis dikit?) ampe sekarang gue belum bisa ngejauhin diri dari alatalat elektronik itu.

Well, kalo dipikipikir sih kalo emang engga ada niat ya pasti gabakal bisa. Mau itu alatalat dimasukin gudang apa diumpetin di antartika juga pasti gabakal ngalihin perhatian kita. Kecuali ada niat. Kalo ada niat kan mau itu alatalat ngikutin kita ke wc juga kaga bakal kepengaruhin. Dan kalo udah kaya gini, biasanya gue atau anakanak sepantaran gue nyerah dan akhirnya tetep aja balik lagi ol, bbm-an, smsan, atau sekedar denger lagu apa maen game. Dan itu berarti kita kalah. Kalah sama hawa nafsu kita, kalah sama kemauan kita yang engga kuat. Dan hasil akhirnya adalah nilai kita waktu ULUM jeblok ditambah nyesel plus kalo mau lebay yaa dimarahin orangtua kita.

Sebenernya gimana sih buat bikin kita fokus belajar? Yaa kuncinya itu niat tadi. Kalo engga niat kemauan deh. Kaya postingan gue sebelumnya tentang keyakinan gue sama peribahasa ‘Kalo ada Kemauan pasti ada Jalan’. Sebenernya jalan itu ada. Udah di depan idung kita malah. Cumen kemauan kita untuk belajarnya itu yang gada. Gue sendiri, sampe sekarang engga ada tuh kemauan buat belajar. Padahal otak gue udah penuh sama yang namanya takut, plus caracara belajar yang bisa gue lakuin. Tapi karena engga adanya kemauan yah akhirnya gue cumen bisa diem.

Well, kayanya segala sesuatu yang kita lakuin. Kalo kitanya engga ada niat plus kemauan emang gabakal bisa ngahsilin hasil yg memuaskan. Apalagi sama yang namanya be-la-jar. Nah gimana kita numbuhin kemauan itu? Kalo itusih harus timbul dari diri kita sendiri. Harus ada tekad, keyakinan, dan optimis yang timbul dari diri kita. Well, intinya apapun yg mau kita lakuin emang harus timbul kemauan dari diri sendiri kan?

Kalo dari bukunya Kak Dony sih, kita harus punya 5cm. Taro keinginan dan mimpi kita di kening kita. Dan simpen 5 cm di depannya. Bawa terus ke manamana dan yakin kita bisa ngelakuin keinginan itu. Terus kejar dan optimis. Dan setelah itu,

‘kita cumen butuh kaki yang bakal berjalan lebih jauh, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, dan leher yang akan sering melihat ke atas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja. Dan hati yang bekerja lebih keras dari biasanya. Serta mulut yang akan selalu berdoa’.

Gue suka banget quote itu. Quote itu gak lebay, tapi emang bener. Sesederhana apapun keinginan yang ingin kita raih, tetep perjuangannya itu pada dasarnya kaya gitu. Sama juga sama gue yang sekarang lagi mau ULUM. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syair: Rindu Dendam

Sepotong 'kejujuran' di Papua

Kandungan ayat 5-6 Q.S Al-Insyirah