Emang kenapa kalo kita pake Kerudung?


‘Fiuh, akhirnyaaa pulang juga’ seru Resa yang dari tadi emang udah ngitung detik nunggu jam pulang. Hari ini Jakarta emang lebih panas dari biasanya, mataharinya terik banget.
Za, bilang ke anakanak gue pulang duluan yah. No Protes!!
Resa sms ke Zaky partnernya di OSIS.
Yap, hari ini Kamis. Dan Resa pengin banget cepet pulang ke rumah dan malesmalesan di rumah tanpa ada yang ganggu. Karena belakangan ini Resa cape dengan aktivitasnya yg segunung, akhirnya setelah semuanya selsai Resa pengin sekedar istirahat dan pulang ke rumah cepet.
Sampe rumah, Resa disambut abangnya yg kayanya heran bisa liat Resa pulang cepet. Naik ke atas, Mbak Minah juga kaget liat Resa siang bolong gini udah sampe rumah. Abis ganti baju dan shalat, Resa ganiat makan karena kenyang. Jadi, Resa nyamperin Mamanya yg lagi berkebun di halaman belakang rumahnya.
Rumah Resa emang punya halaman belakang yang di dalemnya isinya ampir bunga semua. Dari anggrek sampe anthurim ada di situ. Nyampe sana, Resa cekikikan sendiri jaman dia kecil dulu kadang Resa suka mengganggu Mamanya yg sedang berkebun. Entah itu bermain tanah, memetik daun, bunga, dan berbagai kenakalan anak kecil lainnya.
‘Tumben anak mama yg ini udah ada di rumah siangsiang?’ suara lembut Mama mengalihkan perhatian Resa dari lamunannya.
‘Hehe biarin dong mah. Bosen kali tiap hari ulang sore mulu’ Resa menjawab sambil mencium tangan Mamanya.
‘Kenapa baru salam sekarang? Gitu yah sekarang pulang sekolah gak langsung salam’
‘Engga dong mah, aku kan pengin ketemu mamah udah rapi, harum. Ntar kalo pulang sekolah datengdateng salam ke mamah bau lagi hihi’
‘Halah kamu nih ada aja alesannya’
‘Iya dong. Eh mah, tadi waktu diangkot aku mikir gini. Aku kan punya citacita pengin jadi penyiar radio. Tapi di radio remaja, terus aku tuh jadi bagian yg suka ngelive report konserkonser artis luar negeri yg dateng ke Indonesia. Bisa gak yah? Soalnya kan aku pake kerudung’
‘Loh emang kenapa kalo pake kerudung?’
‘Iya kan takutnya gimana gitu. Soalnya, kalo aku denger radio yg suka siarannya tuh kebanyak orang yg gapake kerudung terus waktu siarannya juga udah ada bagianbagiannya sendiri. Sementara yg pake kerudung paling cumen ngegantiin atau siaran diwaktu yg gak umum gitu’
‘Res, itukan gimana kedudukan dia di radio itu. Kalo emang mungkin dianya sibuk. Yaa jadwal siarannya juga pasti kurang dong.’
‘Tapi mah, ko aku ngerasa kaya ada pembatasan gitu. Hmm terus, gacumen itu aja. Ntar udah gede aku oengin ke luar negeri. Nah, kalo di luar kan pada engga pake kerudung tuh. Terus kalo kita pengin bergaul juga kadang susah, harus ngejalasin kenapa pake kerudung terus banyak yg lainnya. Atau masuk komunitas yg suka musik terus suka dateng ke kafe-kafe kan jadi orangorang suka underestimate. Tapi ga di luar negeri juga sih di Indonesia juga. Kesannya tuh kalo anak remaja pake kerudung, kita tuh orang yg kuper ada pembatasan. Dan yaah kaya gitu deh’
‘Itu cumen anggapan kamu Res, buktinya engga kaya gitu ko’
‘Yaampun mah. Terus kaya kita orang yang pake kerudung deket sama cowo, ngadain diskusi. Atau ikut komunitaskomunitas apapun yang di luar Islam ko kayanya tabu banget. Disangkanya itu kita tuh seorang wanita yg pake kerudung yang kaya balon, yang cumen boleh ikut kegiatan Islami yang kerjaannya diem di Mesjid mulu. Padahal kan kita juga punya mimpi dan punya kemauan untuk ngembangin diri sendiri.’
‘Resa, anggapan kamu menurut mamah salah sayang.  Kamu tau kunci keberhasilan, orangorang yg berhasil di luar sana? Kunci keberhasilan mereka adalah percaya diri. Ya, percaya diri sayang. Apapun yang kita ingin atau sedang lakukan, bagaimana pun penampilan kita pakai kerudung atau engga tetap lah percaya diri karena bila kita menganggap diri kita sudah percaya diri, orang akan melihat kita dengan pandangan yang berbeda. Dan kamu tau kuncikunci lainnya? Kunci lainnya yaitu berdo’a, menjadi orang yg supel, baik, dan mau menghargai orang lain. Dengan berdo’a, Allah akan memudahkan usaha kamu. Menjadi orang yang supel kamu akan lebih cepat berinteraksi dan menambah teman. Dengan berbaik hati, pahalamu akan bertambah dan kamu akan disayangi temanmu. Dan menjadi seorang yang menghargai orang lain yang berarti kamu juga akan dihargai oleh orang lain di sekitarmu’
‘Mah, kalo kita udah punya semua sifat itu, tapi tetep takut orang masih nganggap kita sksd terus impian kita itu ko jadi susah buat ngeraihnya. Gimana?’
‘Jangan negative thinking sayang. Satu yang harus kamu kalahkan dalam usaha kamu meraih impian kamu itu adalah menaklukan ketakutan akan kegagalan. Sayang, kegagalan pasti ada. Tapi itulah yang dorongan yang membuat kita terus maju. Dan bukankah kamu pernah bilang, semua harapan baik yang pernah dipikirkan, diucapkan, atau dituliskan akan selalu ada bersamamu? Jadi buktikanlah, bahwa harapan baikmu akan selalu ada bersamamu dengan berusaha’
‘Jadi, apapun yang orang bilang yang orang pikir jangan kita hiraukan? Yang pasti kita harus terus maju ke depan meraih harapan baik yang telah kita lepaskan?’
‘Yah betul sekali. Kamu pintar’
‘Hmmm makasih mamah’ Resa memeluk mamanya
‘Samasama sayang’ mama merspon
‘Tau ga mah? Aku bersyukur hidup di dunia ini bersala dari Rahim seorang wanita yang hebat kaya mamah’
‘Dan mamah bersyukur, mempunyai 2 anak yang sangat penuh impian seperti kamu dan abang kamu. Kalian adalah hadiah terbaik yang Allah berikan pada mamah ’
Allah adil, telah mengatur semuanya dengan tepat sekali. Gue yang beberapa minggu terakhir ini terlalu sibuk diluar rumah, hampir mengabaikan keluarga. Terutama mamah, yang selalu menjadi pencerah buat gue. Diskusi kita yang cumen berlangsung kurang dari 10 menit itu seperti aliran air yang segar yang mengenai kepala gue yang mebuat diri gue kembali segar dan penuh dengan motivasi.

‘Allah selalu mempunyai caranya sendiri untuk membuat kita manusia menjadi lebih baik’

Tribute to MyBelovedMom :*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syair: Rindu Dendam

Sepotong 'kejujuran' di Papua

Kandungan ayat 5-6 Q.S Al-Insyirah