Start from 'Books Calm Me'


Hari masih pagi, jalanan belum padet, sekolah juga masih sepi, apalgi kantinnya. Tapi, gue udah standby di kantin sekolah dengan kamus dan segelas Nutrisari Guava anget. Hmm, so relax.

‘Gabyyy!!!!!’ suara cempreng Vela bikin perasaan gue gaenak. ‘Gab, jalanjalan yuk. Dingin nih, lumayan ngangetin badan. Lagian, lu pagipagi udah diem di sini aja. Dingin tau’ Vela pidato.

‘Bomat, sepi kali di sini. Yaudah ayo, pegangin bentar buku gue’ jawab gue.

‘Eh elu tuh ngapain coba bawabawa kamus ke kantin. Kurang kerjaan. Ribet kan jadinya?’ protes Vela.

‘Lu kalo gamau megangin bilang deh, kaga usah pake protes’ gue ngambek, Vela manyun.

‘Duh Gab!! Gue lupa!! PR Agama gue!! belonn!! Ah nih kamus lo, gue ke atas dulu’ Vela kabur.
Itu anak emang punya oenyakit short term memmory lost dasar. And yeah gue sendiri lagi.  

‘Fik, capucino?’ itu artinya ajakan Fiqih yang pengin minum capucino hangat dipagi hari ke Fikri. Itu anak 2 emang penggemar kopi meski umurnya masih jauh dari tua. Biasanya, tiap pagi mereka membeli capucino hangat di kedai kopi dekat rumah mereka, kalo gak yaa di sekolah. Tapi hari ini, Fikri keanya lebih enak minum sama angrybird ketimbang sama Fiqih.

‘Gak, naggung nih’ jawab Fikri singkat. ‘Kaga nitip?’ tanya Fiqih (maksa). ‘Kagaaa, udah sono jangan ganggu!!’ usir Fikri.

Tu anak gabisa diganggu banget kalo maen game. Ada apa dengan game? Kenapa gue gasuka game? I don’t know.

‘A, cappuccino satu anget’ teriak Fiqih.

Fiqih!! Tu anak berisik bgt si, kantin sepi gini juga.

‘Eh, Gaby. Rajin amet lu pagipagi nampangin kamus’ dasar cowo, liat cewe sendiri deketin deh.
‘Gada kerjaan’ jawab Gaby singkat.

‘Tunggu, kayanya gue sering liat lu baca buku. Novel terutama. Oh lo suka buku ya? Kutu buku? Hahaha’

‘Yaa bisa dibilang gitu’. ‘Waa sama kaya gue’. ‘oya? Buku apa yang lo suka? Novel juga?’. ‘Hmm yaa, semacam gitu lah’.

‘Serius lo?!’ Gaby gapercaya, selama ini dia sekolah gapernah ada anak cowo yang interest banget sama buku terutama novel kea dia.

‘Beneran, masa gue boong? Udah baca 2nya Dony Dhorgantoro? Sebelas Patriotnya Andrea Hirata? atau, Traveler’s Tale Belok Kanan: Barcelona?’ Fiqih nyombong.

‘Wah ko lu tau itu!! Yang Sebelas Patriot belum. Eh lo baca Traveler’s Tale? Waa gue suka bgt tuh buku’ gila ni anak, dari tampangnya ga keliatan kutubuku.

‘hmm yak gue juga suka. Bel tuh, gue duluan.’

Hah?! Ganyangka dah gue tuh anak kutubuku, gak ada tampangtampangnya. Yaa tapi baguslah, gue bisa share ntar. Yeay!!

Biasanya, injury year gini gue sering pergi ke perpus atau ke toko buku cumen buat sekedar liatliat judul buku dan sinopsisnya. Dan weekend ini keanya gue mau main ke perpus.

Kalo ke perpus, gue bingung sendiri. banyak buku yang pengin dibaca tapi gamungkin kebaca semua, rasanya gue pengin baca semua buku. Banyak bgt buku yang menarik, dari ensikolpedi, buku pintar, buku refrensi, sampe biografi. Kalo novel, gue gamau baca. La wong udah ke perpus gini masa masih nyari novel? Tujuan gue ke perpus selain nyari buku, gue pengin baca buku yang kiranya gue gabisa beli. Dalem artian, kalo gue beli takutnya ntar ga dibaca. Kalo pinjem kan gratis, bomat mau dibaca apa engga.

‘Wey!! Anak perpus juga ternyata’ Fiqih tibatiba muncul di depan gue. tadi, gue lagi nunduknunduk liatliat buku dibarisan bawah. Waktu bangun, eh ada tiang ngalangin gue.

‘Elu juga? selama gue bulakbalik ke sini gapernah gue liat lo’

‘Eits, gue ke sini hampir tiap weekend’ kilah Fiqih. Tu anak emang tiap weekend ke sini, muak liat adek ama kakanya yang main game mulu kalo weekend.

‘Oh, gue ke sini gimana mood’ jawab Gaby datar.

‘Caelah pake mood segala. Tapi bener juga sih, books calm me’

‘Wahaha itu sih katakatanya Francis!!’

‘Ngopi dikit gak apaapa lah, oya lu suka ngopi gak? Ngopi yuk?’ ajak Fiqih

‘Lumayan suka, bener nih?’

‘Beneran, itu buku mau dipinjem?’

‘Hmm gak deh’

And yeah, setelah peristiwa kantin dan ketemu di perpus. Fiqih sama Gaby jadi deket, mereka samasama suka novel tentang traveling, suka ngopi, suka nyobain makanan aneh. Penyuka novel traveling tapi gapernah traveling ke manamana. Jadi sering jalan hunting buku bareng plus cumen sekedar jalan ngiterin Bandung.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syair: Rindu Dendam

Ferywell Party.......................

Ary