Candu B. Indonesia

Disuatu Kamis pagi, gue ditanya sama temen. "Apa mata pelajaran yg kamu sukai?" dengan entengnya gue jawab "B. Indonesia"

Reality-nya, gue sangat sangat GAK NGERTI B. Indonesia. And how could I like this lesson?

Dari jaman SD gue gapernah bener belajar B. Indonesia. Pokoknya pelajaran B. Indonesia dimata gue hanya seputar ngarang tentang liburan sekolah, didiktein kalimat, bikin puisi, bikin pantun, ngisi pertanyaan dari sebuah cerpen. Just that.

And all that thing change sampe gue duduk di SMP. Gue mulei mengetahui jenisjenis kalimat, bagian paragraf, majas, dan praktekpraktek yang harus gue lakuin such as drama atau cerita di depan kelas.

Semua itu gada apaapanya, setelah 2tahun gue belajar B. Indonesia di SMP, ditahun terakhir ini gue rasa gue udah buangbuang waktu disetiap pelajaran B. Indonesia yg gue laluin semasa sekolah. 

Kenapa? Karena taun ini gue dapet guru B. Indonesia yg benerbener GURU B. INDONESIA. Yang jelas bgt ngejelasin materi B. Indonesia, yang begitu detail menemukan kesalahan kecil yg kita buat, yang katakatanya pedes bgt bikin ngedown bgt, yang kalo ngasih tugas bikin desprate bgt, yang menuntut kita punya wawasan yg luas tentang sastra. 

Jujur sebenernya gue bersyukur dapet guru yg killer tapi membangun. Ini bakal jadi dasar dan bekal gue ke depannya. Gue suka sastra, gue suka dunia penulisan. Sayangnya, gue gapernah mau belajar dan nulis semau gue ngikutin keinginan gue. Sekarang, dapet guru yg kaya gitu, gue seperti dipukul keras kalo sastra itu punya aturan sastra punya etika.

Gue payah buat ngapalin materi, buat teliti baca suatu wacana, bahkan buat nentuin yg mana FAKTA dan OPINI pun gue payah. Tapi, dari situlah gue menuntut diri buat belajar dan terus belajar B. Indonesia yg bener. Biar pelajaran yg gue dapet dari gue ga sekedar bikin gue desprate tapi nempel diotak gue. Dari kepayahan gue ini juga, gue nyoba ngejar nilei gue yang ancur dengan ngerjain tugas hasil browsing dari Internet.

Buat gue hari ini, Internet adalah segalanya. Gue dituntut buat browsing tugastugas B. Indonesia buat sekedar tau makna dari suatu puisi atau jenisjenis iklan. Gue juga browsing wacanawacana aneh yg gue dapet dari Guru sebagai tugas buat sekedar benerin EYDnya dan dapet nilei gede. Yaa, gue kaya lakuin apapun buat gue ngerti dan bisa ngamalin pelajaran B. Indonesia yg gue dapet. Yang paling utama, buat ningkatin nilei gue yang asli ancur bgt dipelajaran B. Indonesia ini.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syair: Rindu Dendam

Sepotong 'kejujuran' di Papua

Kandungan ayat 5-6 Q.S Al-Insyirah