The Javaness Man


Indonesia itu tersohor dengan ‘Negara Kepulauannya’ sehingga jadi tersohor juga SARAK di warganya. Apasih SARAK? Suku, agama, ras, dan keturunan *eh hmm bener gak ya……* pokoknya deketdeket gitu deh. Orang Indonesia, kalo udah ngomongin SARAK pasti gabakal ada ujungnya. Dari kelebihan ampe kekurangan antar SARAK, yg bikin noraknya lagi kadang SARAK ini masih jadi bahan obrolan kalo orangorang Indonesia lagi ada di luar negeri, doh -_-

Ngomongin SARAK, tadi waktu pulang sekolah gue naik angkot dan duduk di sebelah seorang bapakbapak yang luamayan udah berumur. Bapak ini bareng sama istrinya yg duduk di bangku sebrang. Karena tadi gue naek angkot dengtan nenteng buku perpus yg harus gue resensi gue nerusin baca tuh buku.

Waktu gue mau buka tuh buku, si bapak ini sempet ngelirik judul buku yg gue baca. Setelah gue buka dan baca keanya si Bapak ini juga ikutan baca, sampesampe dia nunduk buat liat judul buku yg gue baca ini apa. Di dalem hati, gue rada aneh juga ini Bapak ko excited bgt sama buku yg gue baca ada apa tho?

Setelah gue nguping dia ngobrol sama istrinya, diketahui Bapak satu ini adalah Jowo. Yaelah, pantes aja dia liriklirik buku gue. Yang gue tau orang Jawa itu emang pada addict buku, makanya banyak pengarang buku refrensi bernama Jawa. Gue emang salut sih sama orangorang yg ngalir darah Jawa di dalem tubuhnya. Mereka itu orang ulet dan rajin. Walopun kalo udah ngomel dan ngomen sakartis bgt, tapi kadang sakartisnya mereka itu bener. Terbukti dengan banyaknya leaderleader perusahaan yg berasal dari Jawa, bahkan Presiden RI pun kelahiran dari Pacitan yg mana terletak di tanah Jawa.

Back to the old man, setelah gue bosen dan nutup buku. Bapak ini nyapa gue,

Bapak    :’Mau jadi wartawati Mbak?’ (Jawa banget manggil Mbak dengan logat Jawa medok)

Gue       :’Eh engga, ada tugas resensi dari sekolah, jadi harus baca dulu bukunya’

Bapak    :’Resensi? Re-su-me mungkin?’

Gue       :’Hmm iya iya’ (mungkin si Resume itu sama artinya sama Resensi jadi yaa gue iya-in aja biar cepet)

Ke sananya, si Bapak ini ngasih kultum singkat tentang apa itu ‘resensi’. Buku yg gue pegang itu pun sempet dipinjem sama dia diliat-liat, katanya sih ini buku emang bagus.

Yang bikin berkesan di gue, baru kali ini nih ada orang yang interest sama apa yg lagi gue kerjain. Biasanya, kalo gue baca buku (novel) yg ad ague dikatain kutu buku dkk, tapi kali ini gue malah dapet tambahan ilmu!! Gue pun, sebenernya pengin kaya si Bapak ini. bomat lagi diangkot, pokoknya yg kata dia menarik yaa ditanyain. Gue mah tertarik sama satu hal, mau ditanyain minder duluan takut orangnya ginilah gitulah. Pelajaran moral yg ue ambil, jangan takut buat nyapa orang yg dikenal. Selama penilaian kita ke orang itu postif, selama itu juga responnya pasti positif.

Komentar

  1. SARA : Suku, Agama, Ras, A(pa ya satu lagi teh).

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syair: Rindu Dendam

Sepotong 'kejujuran' di Papua

Kandungan ayat 5-6 Q.S Al-Insyirah