Cara Pembuatan Sirop

Pelaksanaan Kegiatan
a)      Pemerasan
Keruk dipotong dua di bagian tengahnya. Setelah itu, jeruk diperas dengan alat pemeras sebagai alat bantu untuk memeras.

b)      Penyaringan dan Pengendapan Sari Buah
                                i.            Sari buah hasil pemerasan di saring dengan kain saring. Kemudian, ke dalam sari jeruk ditambahkan natrium bisulfit dan natrium benzoat. Setiap 1 liter sari jeruk ditambah dengan 2 gram natrium bisulfit dan o,5 natrium benzoat. Diamkan selama 2 malam di dalam lemari pendingin (kulkas).
                              ii.            Pada dasar wadah akan terkumpul endapan dan cairan keruh. Endapan dan cairan keruh ini banyak mengandung  senyawa limonin yang akan memberikan rasa pahit jika terkena panas. Oleh sebab itu, endapan dan cairan keruh ini harus dibuang.

c)      Penambahan Gula
Ke dalam sari jeruk yang jernih hasil pemisahan ditambahkan gula pasir halus bewarna kuning. Setiap 1 liter sari jeruk jernih ditambah dengan 1,5kg gula pasir halus dan bahan pewarna secukupnya. Campuran tersebut diaduk sampai semua gula larut. Hasil yang diperoleh disebut sirup jeruk mentah.

d)     Pemanasan Jeruk
Sirup jeruk mentah dipanaskan sampa mendidih sambil diaduk. Setelah mendidih, matikan api.

e)      Penyiapan Botol
Bagian dalam botol kaca disikat menggunakan sikat dan detergen. Seluruh permukaan botol dicuci sampai bersih dengan menggunakan detergen. Botol dibilas sampai bersih. Kemudian, bagian dalam botol dibilas dengan air panas. Setelah itu, botol direbus dalam mendidih selama 30 menit.

f)       Pembotolan dan Pasteurisasi
Botol diangkat dari air panas dan dibalikkan agar airnya keluar dari botol. Ketika botol masih panas, sirup yang masih panas yang terdapat pada gelas ukur dimasukkan ke dalam botol dengan jarak permukaan sirup dan bibir botol paling atas, berjarak 2cm. botol birisi sirup ini diletakkan di dalam air mendidih selama 5 menit, kemudian botol diangkat dan segera ditutup dengan penutup botol.

g)      Penyimpanan
Sirup jeruk ini dapat disimpan lama pada suhu kamar. Penyimpanan di dalam kulkas tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan terbentuknya kristal gula dalam sirup.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Syair: Rindu Dendam

Sepotong 'kejujuran' di Papua

Kandungan ayat 5-6 Q.S Al-Insyirah